Senin, 24 Oktober 2011

Anatomi Tumbuhan_herman

Anatomi Tumbuhan

Ada bagian tumbuhan yang berada di atas tanah dan ada bagian tumbuhan yang berada di bawah tanah. Bagian yang berada di dalam tanah adalah akar. Akar membuat tumbuhan menjadi tidak mudah  untuk dicabut dari tanah. Jadi akar berfungsi sebagai bagian yang mengokohkan tumbuhan sehingga tidak mudah roboh ketika diterpa angin, atau hanyut terbawa air ketika turun hujan.
Zat-zat mineral dan air yang dibutuhkan untuk membuat makanan diserap oleh akar dari dalam tanah. Namun pada beberapa tumbuhan akar tidak hanya berfungsi menyerap air atau mineral saja, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan, misalnya pada beberapa tumbuhan umbi-umbian. Di samping itu, ada juga akar tumbuhan yang berfungsi membantu penyerapan oksigen di udara, seperti pada tumbuhan bakau.
Berdasarkan bentuknya, terdapat jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan jenis monokoti (biji berkeping tunggal), misalnya padi, jagung, dan kelapa. Sedangkan akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua), misalnya mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan.
Batang merupakan bagian tumbuhan yang berada di atas akar yang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Disamping itu batang juga berfungsi untuk mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.
Pada batang tumbuhan dikotil yang dipotong, terlihat garis-garis melingkar. Jumlah garis tersebut menunjukkan jumlah umur tumbuhan. Garis melingkar itu disebut lingkaran tahun.
Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat hijau daun atau disebut klorofil. Daun terdiri  atas tangkai daun dan helaian daun. Disamping bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pelepah pada daunnya. Daun juga mempunyai susunan tulang daun. Berdasarkan susunannya tulang daun dapat dibedakan berdasarkan susunannya, yaitu: Tulang daun menyirip, Tulang daun disebut menyirip karena bentuk susunanya tersusun rapi, mulai dari tangkai daun hingga ujung helai daun.Tulang daun menjari, Pada daun singkong, papaya dan jarak memiliki lebih dari satu tulang daun besar, bentuk daunnyapun berbentuk seperti jari. Dari itu singkong, papaya dan jarak disebut tumbuhan yang mempunyai bentuk tulang daun menjari. Tulang daun sejajar, Daun jenis ini memiliki tulang daun berbentuk seperti garis-garis sejajar. Tulang daun tersebut sejajar  mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Contohnya pada tumbuhan jagung, tebu, padi dan alang-alang.
1.      Tulang daun melengkung
Tulang daun melengkung dapat kita lihat pada tumbuhan genjer, gadung, dan lada. Daun ini memiliki tulang daun melengkung dan tampak menyatu.
B.     Bunga
Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakkan. Bagian-bagian yang ada didalam bunga, antara lain:
1.      Tangkai Bunga
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
2.      Kelopak Bunga
Kelopak bunga merupakan bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.
3.      Mahkota Bunga
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.
4.      Putik
Putik terdapat dibagian tengah-tengah bunga. Biasanya, putik dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik.
Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan proses awal dari perkembangan pada tumbuhan.
5.      Benang Sari
Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri dari tangakai sari dan kepala sari. Pada kepala sari dihasilkan serbuk sari. Serbuk sari bersifat ringan dan mudah terbang ditiup angin. Selain itu, serbuk sari dapat menempel pada kaki, kepala, dan tubuh kupu-kupu atau serangga yang hinggap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar